Kenapa Git Penting Bagi Programmer

Apa itu Git? Git Adalah salah satu tool yang sering digunakan oleh programmer dalam proyek pengembangan software. jika sobat kekasi tidak percaya, sobat kekasi bisa riset di beberapa lowongan kerja untuk posisi programmer. Pasti!! di lowongan tersebut mencantumkan GIT.

Ok. sekarang kita akan mempelajari Git dari dasar. di akhir bagian artikel ini saya siapkan link lanjutan materi ini. jadi Jangan lupa save url ini untuk melihat materi Git lebih lanjut.

Mengenal Git dan Sejarahnya

Git adalah perangkat lunak pengendali versi atau proyek manajemen kode perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds. Desain Git terinspirasi oleh BitKeeper dan Monotone. Git pada awalnya hanya dirancang sebagai mesin tingkat rendah yang dapat digunakan oleh tampilan muka (Front End).

Perkembangan Git dimulai pada April 2005, setelah banyak pengembang kernel Linux berhenti menggunakan BitKeeper, sebuah sistem manajemen kendali kode sumber propiertary yang telah mereka gunakan untuk memelihara proyek Linux sejak tahun 2002.

Pengendali versi betugas mencatat setiap perubahan pada file proyek yang dikerjakan oleh banyak orang ataupun sendiri.

Git dikenal juga dengan nama Distributed Revision Control System (RCS terdistibusi), yang artinya penyimpanan database Git tidak hanya berada dalam satu tempat saja. perhatikan gambar dibawah.

Centralized-VCS.webp
dari gambar diatas. jadi semua programmer atau orang yang terlibat dalam proyek pengembangan (pengkodean) akan menyimpan database Git, hal tersebut akan memudahkan dalam mengelola proyek baik online ataupun offline.

Adapun yang namanya Centralized Revision Control System (RCS Terpusat). yang artinya database disimpan dalam satu tempat dan setiap perubahan disimpan dipusat. untuk ilustrasinya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Centralized-VCS.webp

Centralized Revision Control System (CRVS) memiliki beberapa kekurangan :

  • Semua tim yang terlibat dalam proyek pengembangan wajib terhubung atau terkoneksi ke jaringan pusat untuk dapat mengakses kode sumber (Source-Code).
  • Memiliki resiko kehilangan yang tinggi, karena jika servernya bermasalah. kita tidak memiliki backup.

Oleh karena itu Git hadir dengan konsep Distributed Revision Control System (RCS terdistibusi) untuk menutupi kekurangan yang dimiliki oleh Centralized Revision Control System (CRVS).

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x